Rabu, 03 April 2013

Sistem Informasi Manajemen (SIA)


1.       Jelaskan mengapa SIM di perlukan manajer ?
Jawab :
 karena SIM merupakan Suatu sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai dengan kebutuhan yang serupa.
         Para pemakai biasanya membentuk suatu entitas organisasi formal-perusahaan atau subunit di bawahnya
-          Mendeskripsikan kejadian masa lalu

2.       Sebutkan cirri-ciri system pakar ?
Jawab :
·         Bekerja secara sistematis berdasarkan pengetahuan dan mekanisme tertentu
·         Pengambilan keputusan berdasarkan kaidah-kaidah tertentu dan dapat merespons masukkan user (melalui kotak dialog).
·         Dapat menalar data-data yang tidak pasti dan memberikan beberapa alasan pemilihan.
·         Dikembangkan secara bertahap dan terbatas pada bidang keahlian tertentu saja.
·         Outputnya berupa saran atau anjuran.

3.       Alasan pengembangan system pakar ?
Jawab :
·         Dapat menyediakan kepakaran setiap waktu dan di berbagai lokasi.
·         Secara otomatis mengerjakan tugas-tugas rutin yang membutuhkan seorang pakar.
·          Seorang pakar akan pensiun atau pergi.
·          Seorang pakar adalah mahal.
·         Kepakaran dibutuhkan juga pada lingkungan yang tidak bersahabat.


4.       Karakteristik SIA ?
Jawab :
n  Melaksanakan tugas yang diperlukan
n  Berpegang pada prosedur standar
n  Menangani Data yang rinci
n  Terutama berfokus historis
n  Menyediakan informasi pemecahan masalah minimal.

5.       Lima aplikasi otomasi perkantoran ?
Jawab :
1.       WORD PROCESSING
Word processing adalah penggunaan suatu peralatan elektronic yang secara otomatis melakukan beberapa tugas yang diperlukan untuk membuat dokumen ketik atau cetak.

2.       ELECTRONIK MAIL
Electronic mail yang dikenal dengan e-mail adalah penggunaan jaringan komputer yang memungkinkan pemakai untuk mengirim, menyimpan dan menerima pesan dengan menggunakan terminal komputer dan peralatan penyimpanan.
3.       VOICE MAIL
Voice mail persis sama dengan electronic mail. Perbedaannya bahwa anda hanya mengirimkan pesan dengan mengucapkan pesan tersebut melalui telepon dan bukan mengetiknya. Dan anda menggunakan telepon untuk memanggil pesan yang telah dikirimkan kepada anda.

4.       ELECTRONIC CALENDARING
Electronic calendaring adalah penggunaan jaringan komputer untuk menyimpan dan memanggil acara yang telah ditetapkan oleh manajer. Electronic calendaring bersifat khusus diantara aplikasi otomatisasi kantor, karena ia hanya menyusun terjadinya komunikasi bukan mengkomunikasikan informasi.
5.       AUDIO CONFERENCING
Audio conferencing adalah penggunaan peralatan komunikasi suara untuk membuat hubungan audio diantara orang-orang yang tersebar secara geografis untuk tujuan melakukan konferensi. Audio conferencing adalah aplikasi oa pertama yang tidak memerlukan komputer. Ia hanya memerlukan penggunaan fasilitas komunikasi audio dua arah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar